Pentingnya Sebuah Website di Era Globalisasi

Website? Siapa yang tidak tahu website? Apa sih website itu? Website adalah semacam oncom yang diatasnya ditaburin bawang goreng, eh bukan ya? Hehe …. Oke kalau kamu belum tahu website berarti kamu hidup di tengah hutan yang didalamnya tidak ada wifi ataupun access point, lho?

Oke to the point aja, website itu adalah suatu halaman web yang saling berhubungan di dalam internet yang berisikan kumpulan informasi yang disediakan oleh perorangan, kelompok, organisasi, dan bahkan pemerintahan. Nah, setelah melihat definisi di atas, pasti kalian udah tau kan apa fungsinya sebuah website?

Kalau belum tahu, oke mari kita flashback ke beberapa tahun lalu sebelum ada website. Zaman dahulu media yang menyediakan informasi ter-update hanyalah koran dan majalah, untuk media pemasaran kita, serta masih memakai jasa orang untuk flyering. Tapi sekarang? Informasi ter-update bisa kita dapatkan secara gratis (kalau biaya internet tetep bayar lah) di detik.com, tribunnews.com, dsb. Lalu untuk media pemasaran, tinggal suruh orang ngeliat website produk kita. Bahkan kita bisa memasang iklan yang berkaitan tentang produk kita di website-website yang menyediakan spaceiklan.

Itu masih sebagian kecil gambaran pentingnya sebuah website, kalau kita melihat di zaman sekarang, nampaknya kita bakal benar-benar kesulitan jika tak ada website. Bayangkan saja, sekarang pesan tiket transportasi sudah banyak yang memilih via online, membayar listrik sudah bisa online, dan masih banyak lagi online-online yang lain.

Mengapa online? Sekarang gini, kalau rumah kamu berada jauh dari stasiun dan di saat itu ada promo tiket terbatas kereta api diskon 50%, apakah mungkin tiket bisa kamu dapatkan jika pergi ke stasiun dulu yang jaraknya beribu-ribu mil jauhnya dari rumah? Nggak mungkin!!! Nah, dengan adanya sistem pemesanan online, kamu bisa membeli tiket hanya dengan mendatangi tempat yang memang menyediakan pemesanan tiket online. Hemat waktu bukan? Tentu saja, itulah salah satu keuntungan sistim online.

Saat ini website bisa dikatakan menjadi suatu kebutuhan bagi pelaku bisnis baik yang kecil-kecilan maupun yang sudah terkenal, mengapa? Oke saya beri contoh, kalian pernah membuka website toko online seperti lazada.co.id, olx.co.id, dan lainnya? Pasti pernah dong? Seperti yang kalian lihat, manfaatnya banyak sekali, salah satunya memberikan kita kemudahan dalam menjual dan membeli barang.

Mengapa jual-beli online? Karena dengan online kita bisa mempromosikan produk kita ke semua lapisan masyarakat dengan dana yang relatif murah dan efektif tentunya. Coba bayangkan bila kita tidak ada website seperti diatas, apakah kita hanya menggunakan brosur untuk promosi? Atau menyewa jasa promosi offline? Kurang efektif rasanya dan biaya yang dikeluarkan bisa lebih mahal. Soal pembayaran dan transaksi juga bisa dipermudah dengan adanya website, kita tinggal mencantumkan cara pembayaran, nomor rekening pembayaran dan beres!!! Tidak perlu lagi menerima telpon dari seseorang yang berulang kali bertanya soal sistem pembayaran.

Sudah banyak kita jumpai pelaku-pelaku bisnis yang mengandalkan website sebagai media pemasaran produk mereka, itu karena mereka sadar akan pentingnya sebuah website, pengeluaran kita dalam pembuatan website akan sebanding dengan apa yang kita dapat setelahnya, bahkan lebih! Tergantung bagaimana kita mengelolanya.

Bagaimana untuk perusahaan, apakah butuh website? Kalau perusahaan kecil-kecilan saja butuh website, apalagi yang besar? Kalian butuh cara agar orang mengenal perusahaan kita, di bidang apa perusahaan kita berkutat, apa yang kita produksi, apa yang kita beri ke masyarakat, apa kelebihan kita dibanding perusahaan-perusahaan lain, semua itu harus jelas dan terangkum dalam suatu media yang nantinya akan di-publish ke masyarakat agar mereka tahu siapa kita. Dan media yang paling efektif dalam hal ini adalah sebuah website!!!

Kalau cuma informasi seperti itu pake brosur aja bisa? Iya benar, tapi bagaimana pandangan kalian tentang perbedaan antara suatu perusahaan yang mempromosikan dirinya melalui sebuah website dengan perusahaan yang mempromosikan dirinya secara offline? Tentu saja yang memiliki website lah yang lebih dilihat orang dan perusahaan dengan sebuah website akan terlihat lebih berkelas pula.

Jadi setelah penjelasan panjang lebar di atas apakah kalian bisa menyimpulkan apa fungsi website sebenarnya? Maka dari itu, mau tidak mau kita harus (nggak harus sih) mempelajari cara membuat website, agar kita tidak ketinggalan jaman dalam menyampaikan informasi apapun yang kita miliki kepada orang lain.

Sumber artikel: http://neodigital.co.id/blog/pentingnya-sebuah-website-di-era-globalisasi/

About the Author

rukogadang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *